3 Makanan Khas Dari Empang NTB

kerupuk Atom

Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu jenis makanan dari daerah saya, kecamatan Empang. Mungkin teman2 semua bingung dimana itu kecatan Empang, kecamatan Epang merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat atau yang disingkat NTB.

Makanan pertama yang saya kenalkan “Keropo Atom”, hee…………3x namanya lucu ya. Saya tidak tahu kenapa namanya diberikan demikian, warnahnya kuning susu bersih, rasanya wiihhh…… gurihhh banget. Makanan ini mengunakan bahan dasar ikan laut_hee…..ndak aQ tau pasti apa nama ikannya.

Orang-orang yang berkunjung di Empang wajib membeli Keropo Atom ini sebagai oleh-oleh dari Empang, seperti halya saya ini yang merantau kuliyah ke pulau seberang, Lombok, kalau saya mudik wajib saya bawa Keropok Atom ini, mendingan tidak saya balik kalau saya tidak bawa Keropok Atom masalahnya enak buat ngemil di kos, pernah ni saya kasih teman-teman dan dosen kampus,

“enak neh…” komentarnya, “kalo mudik jangan lupa balek bawa keropok Empangnya Ko”.

Makanan keduanya yaitu sambal “Masin”, masin merupakan sambal yang bahan dasarnya udang kecil-kecil laut, warnah sambal ini merah, rasanya pedas. Rasanya sunguh gurih apalagi dipakai untuk rujak mangga membuat kita ndak kuat nahan untuk mau nambah-nambah terus walaupun tubuh kita sudah berkeringat karena pedasnya. Uhh…….. jadi pengin pulang ke Empang ne kalau musim mangga, rujak mangga pakai masin. Sambal masin bukan hanya untuk rujak mangga saja ada ko’ kereasi yang lainnya bisa kita pake untuk sambal ikan bakar ditambah dengan air jeruk monti. Ajeb……… ajebb…..

tapi saya sarankan buat teman-teman yang alergi sama udang mending ditahan dah keinginannya untuk makan sambal ini.

untuk makanan khas yang ketiganya yaitu terasi, nama terasi memang sudah sangat dikenal oleh semua orang yang biasa ditambah dalam membuat sambal, Terasi Empang ini tidak kalah gurihnya dengan terasi yang ada di daerah-daerah lainnya boleh diadu, terasi ini dibuat dari udang asli. penasaran pengen ngrasain???

hee…..3x mungkin ada teman-teman berminat pengin coba sama makanan khas Empang ini, silakan hubungin saya di no. 081917137118

3 responses to “3 Makanan Khas Dari Empang NTB”

  1. ko2smath06 says :

    blowm yoba sihhh…..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s