DISAIN KALENDER MENGGUNAKAN PHOTO KENANGAN PRIBADI DENGAN PHOTOSHOP CS2

Salam teman-teman……

kali ini saya akan berbagi bagaimana menghias/mengedit kalender yang dihiasi dengan poto-poto kenangan kita, adapun sofware yang saya gunakan untuk membuatnya dengan menggunakan potoshop CS2.

adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1). instal program CS2-nya.

2). menentukan gambar-gambar kenangan yang akan digunakan untuk menghiasi kalender. Sebagai contoh saya menggunakan 2 foto berikut:

3). Buka potoshop kemuandian buat lembar baru pilih di file→New, kemudian isi lembar dialognya pada width: 2406 dan 3406.

4). Kemudian kita menyusun kalendernya, agar kalendernya lebih cepat selesai sebaiknya kita menngunakan kalender yang sudah jadi tinggal dihias saja, model tanggal teman-teman bisa cari di google gambar dengan kata kunci kalender 2011. tetapi disini saya menggunakan kalender berikut:

5). buka gambar kalender tersebut dalam potoshop CS2, kemudian crop kalender tersebut berdasarkan bulan, dengan cara memilih ‘croop tool’ sehingga diperoleh 12 gambar, sbb:

Sengaja tidak ditampilin semua hasil croop-nya karena terlalu banyak silahkan di croop sendiri (kalau menggunakan model kalender ini silahkan dicroop bulan berikutnya hasil croop saya silahkan di-save dan digunakan). kenapa saya melakukan croop di tiap bulannya?? karena saya akan menyusun kalender dengan model 2 kolom.

6). sekarang kita kembali ke lembar baru yang tadi telah kita buat, buatkan kepala kalender. Misalkan kepala kalendernya sbb:

kita akan membuat tahunnya ‘2011’ dan dibuat oleh siapa misalkan ‘Calender by Koko Hermanto’. langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • pilih ‘Rectangular Marquee Tool’  pada tool bagian kiri;
  • Drak di bagian atas lembar baru atur sesuai keinginan yang cocok sebagai kepala kalender;
  • kemudian pilih ‘Gradient Tool’  pada tool bagian kiri, untuk memberi efeck pada kepala kalender dengan cara mendrak bagian sudut kiri bawah pada batasan kepala kalender, atur batas drak dan warna sesuai keinginan;
  • hasil lembar kalender sementara saya ( warna hitam sebagai kepala kalender) sbb:
  • Kemudian pada kepala tersebut kita akan mengetik tulisan di kepala surat  (yang berwarna hitam) tersebut, dengan cara memilih ‘Horizontal Type Tool’  pada tool bagian kiri, silakan teman atur model tulisan sesuaikeinginan dapat dipilih pada menu bagian atas setelah  ‘Horizontal Type Tool’;
  • Hasil tulisan utuk kepala kalender saya sbb: mungkin tulisan ‘2011’ terlihat biasa saja, nah ini mungkin sedikit di perindak dengan memberi efeck bayangan pada angka tahun tersebut, caranya dengan memblok anka tersebut kemudian mengkopinya lalu mem-pastenya dan beri warna hitam, usahakan hasil pastenya berada dibawa angka sebelumnya dengan cara mengeser angaka ‘2011’ hasil paste-nya berada di bawah angka ‘2011’ sebelumnya. biasanya ini terdapat pada menu bagian kanan.
  • adapun hasilnya setelah diberi efeck bayangan sbb:setelah keppala kalendernya dianggap sudah cukup maka mari kita mengisibagian bawahnya dengan bulan-bulan kalender yang tadinya sudah di croop.

6). setelah hasil croop sudah terkumpul semuanya, silahkan atur kalendernya menggunakan 2 kolom. adapun langkah-langkah sbb:

  • Buka gambar kalender hasil croop untuk bulan ‘Januari’, kemudian pidahin ke gambar tersebut dengan cara menderak gambar tersebut ke lembar kalender;
  • setelah gambar kalender bulan ‘Januari’ berada di lembar kalender kemudian geser gambar tersebut pada sudut kiri dibawah kepala kalender, selanjutnya  pilih ‘CTRL+T’, maka kita bisa mengatur ukuran gambar bulan ‘Januari’ tersebut dengan cara mengeser tiap batas gambar. setelah ganbar bulan ‘Januari’ selesai diatur dilanjutkan dengan gambar bulan-bulan selanjutnya, adapun caranya sama dengan langkah untuk gambar bulan ‘Januari’ ini; adapun hasilnya sbb (di sini saya cuma menampilkan 2 bulan saja silakan dilanjutkan untuk bulan selanjtnya):
  • untuk area kosong di bagian kanan bisa diisi dengan poto-poto kenangan teman-teman (yang ini nanti dulu dah).
  • Agar latar dari kalender kita tidak hanya berwarna putih maka kita perlu memberikan gambar latar, misalkan saya menggunakan gambar berikut (usahakan pilih gambar yang terang):
  • Langkah untuk merubah meletakkan gambar tersebut sebagai latar adalah dengan cara menarik dengan cara mendrak gambar tersebut ke lembar kalender, kemudian pilih ‘CTRL+T’, maka kita bisa mengatur ukuran gambar bulan’ tersebut dengan cara mengeser tiap batas gambar, disini saya membatasi besar gambar tersebut sesuai dengan penempatan gambar bulan-bulannya.
  • kemudian tipiskan tampilan gamabarnya agar gambar bulan-bulannya lebih menonjol (gambar ini diletakkan pada posisi paling atas. dengan cara memilih ‘Opacity’ pada menu sebelah kanan kemu kemudian atur ketipisan gambar, 20% sepertinya cukup. adapun hasil sementaranya sbb:
  • Kemudian isi latar putih bagian kanannya dengan gambar lainnya, adapun langkahnya sama seperti langkah sebelumnya tapi untuk gambar yang ini tidak perlu ditipiskan, lansung saja ke hasilnya:
  • kemudian pada gambar bagian kanan (batik) dijadikan sebagai tempat meletakkan kedua poto yang telah dipilih (langkah memasukkan foto sama dengan langkah sebelumnya) silahkan diatur posisi potonya dan ditambah pernak-pernik agar kelihatan semenarik mungkin. OK akhirnya selesai juga….!!!!! ne hasilnya jreeeenggggg…..!!!!!:

Tag:, , , , , , , ,

5 responses to “DISAIN KALENDER MENGGUNAKAN PHOTO KENANGAN PRIBADI DENGAN PHOTOSHOP CS2”

  1. adams dhani says :

    cara membuat kelender dong…

  2. Mr.x says :

    Huhahahha . . ^_^
    mantap Bang . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s