MEMBUAT AVATAR DIRI SENDIRI MENGGUNAKAN PHOTOSHOP CS5

Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat Avatar dari photo pribadi. Oke langsung saja, adapun photo-photo yang diperlukan untuk membuat Avatar ini adalah, di sini kita cukup memrlukan 2 photo yakni :

Untuk photo yang pertama ini saya menggunakan photo saya pribadi. Heeeee gagahkan teman2

Kalo teman2 bisa berkereasi dengan photo siapapun atau mungkin menggunakan photo diri sendiri (penasaran mungkin gimana rupanya teman2 kalau jadi Avatar)

Dan ini gambar yang kedua yaitu telingga untuk Avatarnya

Adapun langkah-langka hnya adalah sebagai berikut :

1.   Setelah program dari Photoshopnya di buka maka silakan buka 2 gambar yang sudah disiapkan sebelumnya (seperti 2 gambar yang sudah saya siapkan di atas).

2.   Gambar yang pertama pertama latarnya kita hitamkan ini bertujuan agar gambarnya ntar pokus ke objeknya.

sebenarnya langkah ini tidak harus dilakukan karena tidak menganti latar juga tidak apa-apa. Buat yang pengen saja ini langkah-langkanya:

a. Pilih “p” pada keyboard untuk mengaktifkan “Pen Tool” dengan ini kita seleksi latar dari potonya

Kemudian kembali ke gambar yang sudah diseleksi, Setelah terseleksi kemudian klik kanan pilih “make selection” lalu   “ok”.

b.  Pada menu layer yang terletak pada sudut kanan  program photoshop tanda gembok pada layer gambar pertama ini harus dihilangkan dengan mengelik 2x pada tanda gembok lalu “ok”. pada keyboard pilih “DEL”

c. Pada menu sudut kiri bawah pilih menu tanda ini  ataur agar warnanya hitam. Kemudian klik “g” pada keyboard untuk mengaktifkan “Paint Bucket Tool” kemudian Klik pada latar gambar pertama yang tadi d seleksi. Maka sekarang latarnya Hitam. Untuk menghilangkan garis-garis seksi pilih “L” pada keyboard kemudian klik pada gambarnya. Agar pingir-pingirnya halus maka pilih “Blur Tool” pada menu bagian kiri, kemudian drag pada bagian pingir seleksi secukupnya sampai kelihatan nyatu.

3.    Kemudian klik “v” pada kayboar teman2 untuk mengaktifkan “Move Tool” kemudian pindahkan kursor pada gambar telingga dan tarik/drag gambar telingga tersebut bawa ke gambar pertama (gambar manusianya).

4.   klik “CRTL+t” atur posisi telingga tersebut sehingga pada posisi yang pas menindih posisi telingga (bagian kiri) yang asli setelah di rasa pas baik posisi dan ukurannya kemudian di “ENTER”. untuk telingga bagian kanan, pilih “CTRL+j” untuk meng-copy telingga sebelumnya kemudian tarik hasil copy-annya ke telingga bagian kanan kemudian pilih “CRTL+t” kemudian klik kanan pilih “Phlip Horisontal” kemudian atur posisinya seperti langkah pada telingga bagian kiri. Ini untuk telingga bagian telingga bagian kiri yang saya rasa posisinya sudah pas

5.   kemudian aktifkan layer untuk gamabar pertama pada tahap ini akan diatur untuk ukuran matanya, dimana ukuran untuk matanya kita perbesar, klik “L” pada keyboar untuk mengaktifkan “Laso Tool” dengan ini seleksi bagian mata dan alis, adapun hasil dari seleksi saya sbb:

Kemudian klik “CTRL+j” pada keyboar untuk mengcopy alis dan mata yang diseleksi kemudian “CTRL+t” untuk mengatur besar matanya, silahkan sisi bagian bawah ditarik kebawah dan sisi kanan tarik ke kanan agar memperoleh mata yang besar kemudian atur posisinya agar pas kemudian “ENTER” jangan lupa pada bagian sisinya di belur agar kelihatan nyatu dengn menggunakan “Blur Tool”. Selanjutnya kita kerjakan mata satumya, langkahnya pun sama.

6.   Pada tahap ini kita akan merubah ukuran dan bentuk dari hidungnya. Terlebih dahulu harus kita satukan untuk semua layer-layer yang sudah terbentuk yang ada di menu layer pada sudut kanan bawah. Dengan cara “meng-CTRL+klik semua layer” kemudian klik kanan pilih “Comvert to Smart Object”

7.   Kemudian klik kana pada menu “Blur Tool” pilih “Smudge Tool” kerjakan bagian hidungnya agar batang hidungnya melebar dengan cara menari/mendrag badian hidung ke kanan untuk sisi kanan dan ke kiri untuk sisi kiri (ingat jangan tarik/drag ke bawah atau  ke atas hasilnya jelek). Adapun hasil dari kerja saya:

8.   Pada tahap ini kita akan mewarnai kulitnya, pada menu layer sudut kanan bawah pilih “Create New Layer”  kemudian klik “p” untuk menyeleksi tiap kulit kulit yang Nampak (harus detil yaa seleksinya biar hasilnya bagus). Untuk menyeleksi seperti pada langkah “a”. Kemudian setelah terseleksi dilanjutkan dengan memberi warna pada hasil seleksi langkahnya sama seperti langkah “c” tetapi untuk warnanya dirubah menjadi  . kemudian atur pada menu layer dari “Normal” menjadi “Multiply”. Kemudian klik “p” untuk menyeleksi pada bagian bola mata, setelah terseksi kemudian tekan “DEL”. Jangan lupa di Blur tipa sisinya dengan “Blur Tool”.

9.   Untuk bagian ujung hidungnya kita seleksi kemudian di delet hasil seleksinya, kemudian seperti “c” tetapi warna yang diperlukan adalah  . jangan lupa untuk di Blur. Ini untuk hasil sementara:

10.   Untuk tahap ini kita akan membuat tato untuk Avatarnya, Kita “Create New Layer”. klik “b” untuk mengaktifkan “Brush Tool” Kemudian beri warnah putih pada menu    kemudian atur besar diameternya dengan mengelik tanda ini “[“ pada keyboard bila ingin mengecilkannya dan “]” untuk membesarkannya. Setelah dirasa sudah sesuai keinginan silahkan beri tanda titik-titik pada wajah atur gimana bagusnyadan gimana seleranya.

11.    Kita akan membuat tato Avatar yang satunya lagi seperti keris. Kita klik “p” untuk mengaktifkan “Pen Tool” dengan menu ini silahkan berkereasi untuk membuat tatonya seperti langkah “a” kemudian hasil seleksinya berikan warna biru yang lebih gelap.

12   Kemudian satukan layer yang ada seperti langkah “6”. Agar lebih hidup warna maka pilih “o” pada keyboar untuk mengaktifkan “Dodge Tool” kemudian silahkan drag pada bagian hidung, pipi, dagu dan dahi, agar memberikan kesan cahaya pada bagian tersebut.

Hasil jadi dari Avatar saya seperti ini:

Tag:, , , ,

6 responses to “MEMBUAT AVATAR DIRI SENDIRI MENGGUNAKAN PHOTOSHOP CS5”

  1. Eva says :

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  2. invan3_86 says :

    makasih bro, i like this info.

  3. wijayaanita78 says :

    yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s